Compagniehelianthe

Info Desain Interior Masa Kini

5 Jenis Pencahayaan Rumah Sesuai Dengan Funsi dan Kebutuhannya

5 Jenis Pencahayaan Rumah Sesuai Dengan Fungsi dan Kebutuhannya

Berita Terbaru Interior – Dalam sebuah bangunan cahaya merupakan salah satu hal paling penting untuk membuatnya nampak indah. Namun, tidak semua jenis pencahayaan bisa diterapkan di semua ruangan. Beberapa jenis pencahayaan bisa dibedakan berdasarkan sumber dan intensitas cahayanya. Ada jenis lampu yang agak redup untuk memberi kesan hangat. Tapi ada juga lampu yang sangat terang untuk menerangi seluruh ruangan. Sumber penerangan digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pada kondisi tertentu. Meluncurkan berbagai sumber, berikut sejumlah jenis pencahayaan yang dibedakan berdasarkan intensitas cahaya dan kebutuhannya.

5 Jenis Pencahayaan Rumah Sesuai Dengan Funsi dan Kebutuhannya

Pencahayaan Utama

Jenis penerangan ini biasa disebut petir umum. Petir umum memungkinkan orang di dalam ruangan untuk melihat semua bagian ruangan dengan jelas. Contoh petir umum antara lain lampu gantung, lampu langit-langit, dan lain-lain. Sebagai saran sebaiknya Anda membeli lampu yang dilengkapi dengan pengatur intensitas cahaya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur cahaya sesuai kebutuhan, apakah redup atau terang.

Lampu Kerja

Lampu kerja atau biasa disebut lampu tugas merupakan lampu yang berfungsi untuk menerangi benda tertentu. Lampu ini berfungsi untuk mencegah bayangan yang mengganggu saat bekerja di sebuah ruangan. Biasanya lampu ini digunakan untuk membantu pekerjaan seseorang. Pada saat bekerja, banyak orang memilih mematikan lampu utama dan menyalakan lampu kerja. Dengan begini lampu akan fokus menyorot laptop atau buku di atas meja saja. Selain itu, terdapat juga lampu kerja berupa lampu LED yang memanjang. Umumnya lampu kerja seperti ini dipakai pada dapur sehingga dapur bisa mendapat penerangan lebih fokus ke area yang ditentukan pada malam hari.

Pencahayaan Aksen

Intensitas cahaya lampu aksen sangat kecil, hanya cukup untuk menyorot satu objek. Anda bisa menemukan lampu hias di pameran seni atau toko buku. Dalam pameran seni rupa, lampu hias biasanya diletakkan di belakang benda. Sebagai saran, Anda dapat menggunakan lampu hias yang menggunakan baterai dan dapat dikontrol dengan remote control untuk menerangi karya seni.

Pencahayaan untuk Membagi Ruang

Saat ini banyak rumah dengan desain minimalis melepas sekat sehingga ruangan terasa lebih luas. Karenanya, banyak orang menggunakan lampu untuk mempertegas fungsi sebuah ruangan. Misalnya, sekarang banyak ruang keluarga dan dapur yang disatukan dalam satu ruangan. Sebagai pemisah, Anda bisa menggunakan dua buah lampu yang ditempatkan di plafon ruang tamu dan dapur. Lampu di dapur biasanya berwarna kuning untuk memberi kesan hangat. Sedangkan lampu di ruang tamu biasanya berwarna putih terang.

Lampu Sorot

Setiap kamu datang ke konser pasti selalu melihat artis idola kamu disorot oleh lampu besar bukan? Nah, lampu yang digunakan adalah lampu sorot. Jenis pencahayaan ini banyak digunakan di ruang konser atau stadion sepak bola. Fungsi spotlight adalah untuk menyorot objek yang ada di dalam sebuah ruangan. Biasanya lampu sorot bisa dikontrol agar bisa mengikuti benda yang bergerak.

Pencahayaan Dekorasi

Dari namanya pasti sudah tahu kalau fungsi lampu ini adalah sebagai penghias ruangan. Pencahayaan jenis ini tidak bisa diandalkan sebagai sumber penerangan untuk menerangi ruangan. Lampu hias biasanya digunakan untuk mempercantik suasana ruangan. Misalnya seperti lampu hias yang menempel di dinding, lampu pohon natal, dan masih banyak lagi. Idealnya, lampu yang digunakan untuk dekorasi lebih lembut dan berwarna kuning. Anda juga bisa menggunakan warna lain agar sesuai dengan warna dekorasi.

Related Posts