Compagniehelianthe

Info Desain Interior Masa Kini

Cara Memanfaatkan Tanaman Untuk Interior Asri dan Sejuk

Cara Memanfaatkan Tanaman Untuk Interior Asri dan Sejuk

Berita Terbaru Interior – Menghadirkan tanaman di dalam ruangan dinilai mampu memberikan kenyamanan visual karena merepresentasikan alam luar di dalam rumah. Selain itu, tanaman juga menghasilkan oksigen, sehingga udara di dalam rumah terasa lebih segar. Namun selain kedua manfaat tersebut, ada juga manfaat lain memiliki tanaman di dalam rumah yaitu untuk membersihkan udara.

Cara Memanfaatkan Tanaman Untuk Interior Asri dan Sejuk

Ya, membersihkan udara adalah fungsi alami tumbuhan. Hanya saja, tidak semua jenis tumbuhan memiliki kemampuan tersebut. Apalagi untuk ditempatkan di dalam rumah, hanya ada sedikit tanaman yang bisa dimanfaatkan. Sebagai referensi, berikut daftar tanaman indoor yang bisa membantu membersihkan udara di dalam rumah.

  1. Palem Kuning

Bukan tumbuhan yang sulit ditemukan, palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens) merupakan jenis tumbuhan tropis yang biasa digunakan untuk interior rumah. Selain cantik secara penampilan, telapak tangan kuning juga bermanfaat untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Pasalnya, telapak tangan kuning dipercaya mampu menangkap karbon monoksida, benzena, formaldehida, xilen, dan polutan lainnya. Sedangkan untuk perawatannya, pohon palem kuning tidak membutuhkan perawatan ekstra selain harus diletakkan di tempat yang mendapat cukup cahaya.

  1. Karet Hias (Rubber Plant)

Karet hias juga direkomendasikan sebagai tanaman hias yang dapat membersihkan udara di dalam rumah. Tanaman ini juga mudah tumbuh di dalam ruangan, karena tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut tanaman karet ini juga memiliki karakter penghisap debu dan penangkap karbon monoksida, formaldehida, trichloroethylene, dan polutan lainnya. Hal itulah yang membuat udara di sekitar tanaman India ini terasa segar dan sejuk.

  1. Sansevieria

Siapa yang tidak mengenal tanaman sansevieria atau lidah mertua? Tanaman ini sudah sangat populer sejak zaman dahulu dan masih menjadi pilihan favorit untuk tanaman interior. Alasannya tentu saja karena bentuk daunnya yang khas seperti api. Keunggulan lain dari tanaman ini adalah dapat menyerap debu, polusi, dan racun di udara. Sansevieria juga dipercaya efektif menghilangkan benzena, xilena, trikloretilen, dan formaldehida di udara.

  1. Pakis Boston

Pakis Boston adalah tanaman yang sangat indah untuk dekorasi interior. Warnanya yang hijau cerah dan karakter tumbuh yang lebat membuat Boston Ferns langsung menarik perhatian di dalam ruangan. Ternyata selain cantik secara penampilan, pakis boston memiliki kemampuan untuk menyedot racun berbahaya melalui stomata-nya. Beberapa zat beracun yang dimaksud antara lain formaldehyde dan xylene.

  1. Spider Plant

Bagi pecinta tumbuhan, tumbuhan laba-laba atau Spider Plant terkenal sebagai tumbuhan penyerap debu. Beberapa polutan yang diyakini dapat dikeluarkan dari tanaman laba-laba adalah formaldehida dan xilen. Jika ada anggota keluarga Anda yang suka merokok, disarankan untuk meletakkan tanaman ini di dalam ruangan karena dapat menyerap zat berbahaya dari asap rokok.

  1. Sirih Gading

Tanaman sirih gading merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat digemari sebagai dekorasi interior. Karakternya yang menjalar membuat keberadaannya langsung memberi kesan natural pada ruang. Apalagi dari segi perawatannya, sirih gading sangat mudah perawatannya. Media tanam bisa berupa tanah atau bisa juga di air. Lebih dari itu, ternyata sirih gading juga memiliki keunggulan membersihkan udara kotor. Hal ini pula yang membuat tanaman hias ini harus rutin dibersihkan karena debu sering menempel di permukaan daunnya.

Related Posts